Langsung ke konten utama

Makalah WhatsApp


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah membimbing kami  menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dan petunjukNYA, penyusun tidak akan menyelesaikan makalah ini dengan penuh kelancaran.
Makalah ini kami susun agar pembaca dapat memahami tentang WhatsApp Shop. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat memberi wawasan dan pemahaman yang luas kepada pembaca.
Penyusun menyadari makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, sehingga kami masih mengharap kritik dan saran dari para pembaca.

Terimakasih.



Dharmasraya, 21 Oktober 2017

Penyusun












BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
            Whats App adalah Aplikasi PlatForm ringkas OS pertama yang kemunculannya sangat tepat sekali dengan memboomingnya SmartPhone di seluruh dunia. Aplikasi Whats App ini merupakan Aplikasi terlaris di dunia dan sering di Download oleh para pengguna SmartPhone.
            Kemajuan teknologi yang pesat di bidang komunikasi telah melahirkan banyak inovasi dan gagasan baru, ide yang bertujuan untuk memudahkkan proses komunikasi manusia menjadi lebih efektif. Dalam kemajuan teknologi  informasi  juga anda dapat berhubungan dengan orang lain tanpa ada batasan jarak dan waktu. Salah satu inovasi yang mempermudah proses komunikasi adalah telepon selular atau yang biasa disingkat dengan kata ponsel.
            WhatsApp Messenger adalah cross-platform mobile messaging app yang memungkinkan Anda untuk bertukar pesan tanpa harus membayar untuk SMS. WhatsApp Messenger tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Android, Windows Phone dan Nokia. Karena WhatsApp Messenger menggunakan internet data plan yang sama yang Anda gunakan untuk email dan browsing web, tidak ada biaya untuk pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman Anda.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1   Pengertian WhatsApp
            WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone, jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa kita pergunakan di ponsel lama. Tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini kita tak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet kita memadai.

2.2   Sejarah berdirinya WhatsApp
            WhatsApp diciptakan pada awal tahun 2009 oleh Ian Koum seorang imigran Ukraina yang tinggal di Mountain View, California, yang pada satu titik dia harus mengandalkan kupon makanan untuk memenuhi kebutuhan bersama-sama dengan ibunya.
Ian Koum sekarang berusia 37 tahun dan ide awal Koum adalah untuk memberikan pengguna cara berbagi status seperti “I am busy” atau “At the gym” dengan orang-orang dalam jaringan mereka. Inilah sebabnya mengapa aplikasi ini disebut “WhatsApp.” Koum kemudian memilih nama itu karena terdengar seperti “what’s up” yang pada dasarnya apa tentang app awalnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan kontak seseorang.
WhatsApp pertama kali diluncurkan pada iPhone dan berjuang di awal dengan hanya beberapa orang pengguna yang menggunakannya secara aktif. Kemudian Apple memperkenalkan pemberitahuan push pada iOS di bulan Juni 2009 dan Koum menggunakan fitur baru untuk membiarkan kontak pengguna untuk nge-ping setiap kali mereka perbaharui status. Orang-orang segera mulai menggunakan fitur ini untuk berbicara dengan teman-teman dengan memperbaharui status mereka dan hampir secara tidak sengaja WhatsApp berubah menjadi layanan pesan   (messaging service).
WhatsApp bukan yang pertama sebagai Platform messaging service dan menggunakan nomor telepon user untuk login, tidak seperti aplikasi pada Skype atau Gtalk dimana user register menggunakan account. BBM sebenarnya juga melakukan hal yang sama tapi hanya terbatas pada perangkat BlackBerry.
Sejak awal tahun 2009 WhatsApp menggelembung menjadi raksasa dengan memperluasnya ke aplikasi Android, BlackBerry juga platform lainnya dan terus menambahkan fitur yang baru. Sekarang Mark Zuckerberg turun dengan $19 billion di atasnya atau sekitar $ 42 per pengguna aktif.

2.3   Trick Berjualan Via WhatsAPP
CARA 1: INTERAKSI dan SHARING DI GROUP WA
            Blusukan ke grup, tapi jangan jualan. Fokusnya adalah ikut berinteraksi, ikut berbagi, tujuannya agar orang lain mengenal kita. Ketika orang sudah kenal, jualan lewat WhatsApp menjadi lebih mudah.
            Lewat group WhatsApp caranya, tidak boleh langsung berjualan karena pada dasarnya orang tidak suka dengan cara demikian. Ujung-ujungnya orang tidak respect kepada kita. Jadi harus lebih banyak interaksi dan berbagi (sharing).
            Saat kita berinteraksi dan sharing, secara tidak langsung kita memberikan edukasi ke market. Pada akhirnya dapat mengubah Cold Market menjadi Warm Market.
            Dan ingat, setelah interaksi dan sharing jangan langsung jualan. Lebih baik jeda beberapa saat setelah itu baru jualan via japri WhatsApp.

CARA 2: CALL TO ACTION
            Cara jualan di WhatsApp tidak lepas dari promosi. Perlu diingat, pada setiap promosi usahakan harus ada Call To Action (CTA). Ini adalah penekanan untuk segera beli. Contoh:
Ø Beli sekarang, kontak ke Nomor : 0812xxxx
Ø Siapa cepat dia dapat
Ø Khusus pembeli hari ini...

CARA 3: BROADCAST
            Broadcast ke daftar (list) BC yang kita buat. Tapi ingat, ada cara yang lebih elegan jualan lewat WhatsApp (WA). Jangan melulu broadcast (BC) iklan atau promo.
            Polanya seperti ini, setiap 1 iklan yang di broadcast (BC), usahakan didahului dengan 3 sampai 4 materi yang bermanfaat., dan broadcast (BC) edukasi ini akan  jadi kunci sukses membangun list building di WA.
            Tekniknya adalah, rutin berbagi tips dan materi bermanfaat secara konsisten, paling tidak 2 kali seminggu. Materi tidak harus buat sendiri, bisa mencari dari mana saja termasuk dari buku-buku bisnis.

CARA 4: JUDUL POSTING WHATSAPP
            Berjualan melalui Whatsapp (WA) tidak lepas dari cara penggunaan judul posting chat.
            Gunakan judul postingan yang membuat orang membuka chat kita. Terapkan hypnotic writing, tujuannya supaya orang jadi penasaran untuk klik dan membuka posting kita agar dibaca lebih lanjut.
            Setelah itu, gunakan copywriting pada materi posting chat agar materi yang kita buat mampu mengarahkan calon prospek hingga menjadi pembeli.
Tekniknya seperti ini:
Ø Gunakan font bold
Ø Gunakan kata hypnotic
Ø Gunakan frase yang membuat penasaran
Ø Gunakan kata yang menjual

CARA 5: POSTING STATUS BERGAMBAR
            Posting status gambar di Whatsapp. Konsep ini mirip seperti BBM, cara ini boleh dibilang beriklan atau promosi di WhatsApp (WA) karena bergambar.
            Tekniknya adalah ganti-ganti profile picture minimal setiap 2 jam sekali, tujuannya agar masuk ke notifikasi dan kontak kita tahu tentang isi informasi profile picture yang kita post.
Ini tips cara beriklan atau berpromosi di WhatsApp (WA) yang dapat digunakan. Gunakan poster dengan gambar yang menarik, usahakan menggunakan warna yang berani, judul yang besar dan terlihat agar terbaca pada profil wa.

CARA 6: PENAWARAN LANGSUNG VIA JAPRI
            Japri calon prospek dengan menawarkan langsung. Konsepnya adalah sebut namanya dan dahulukan orang yang kenal dengan kita. Tujuannya agar lebih mudah closing. Kalaupun kita tidak kenal, kita harus kenalan terlebih dulu.
            Kenapa japri menggunakan nama lebih tinggi closing-nya? Karena teknik ini lebih personal dibandingkan dengan broadcast (BC).

CARA 7: SCRIPT CLOSING
            Cara agar berjualan banjir order di WhatsApp (WA) adalah selalu gunakan script  closing ketika ada calon prospek yang japri akan order atau baru bertanya.
            Tujuannya agar mempercepat atau memastikan supaya calon prospek benar-benar closing.
            Ketika ada calon pembeli yang chat ke kita tetapi masih belum yakin, maka script closing seperti ini salah satu contohnya:

PEMBELI :
Halo, saya mau daftar kelasnya
PENJUAL :
Terima kasih Mbak/Mas. Kebetulan kelasnya terbatas
PEMBELI :
Harganya berapa ya?
PENJUAL :
Harga normal Rp 2.000.000, khusus hari ini hanya Rp 1.590.000, hemat 400.000 lebih
PEMBELI :
Tapi saya tanya suami saya dulu ya
PENJUAL :
PEMBELI : Baik mbak

..... selang beberapa waktu kemudian ......
PEMBELI :
Jadi ya mbak, promo saja mbak, minta reknya ya
PENJUAL :
Baik. Ini ya (Closing)

Catatan penting contoh script di atas adalah:
Adanya informasi scarcity (keterbatasan promo).
Yaitu promo akan ditutup saat ketersediaan barang habis.
Closing script follow up
Closing script ini mengkombinasikan beberapa teknik closing menjadi satu, yaitu keterbatasan promo dan teknik follow up.

CARA 8: BINA RESELLER
            Fokus gunakan Whatsapp untuk membina reseller agar mahir berjualan. Rutinkan untuk membina reseller kita supaya masing-masing reseller dapat berjualan lebih elegan di WhatsApp (WA) bahkan di media manapun, sehingga nantinya yang berjualan bukan kita sendiri, tetapi kita bersama Reseller.
 Ingat, whatsapp bisa digunakan untuk memperbesar penjualan dengan konsep faktor kali. Melipatgandakan penjualan dengan membangun tim reseller.

CARA 9: KONSISTEN
            Kunci berjualan laris dan banjir order di WhatsApp (WA) adalah KONSISTEN. Konsisten itu terus-menerus.
Ø Konsep sales funneling di Whatsapp dapat melesat ketika kita konsisten menerapkannya.
Ø Konsisten grab kontak dari kolam prospek medsos
Ø Konsisten bangun list building di Whatsapp
Ø Konsisten sharing di grup wa yang kita buat
Ø Konsisten broadcast (BC) sharing ke list kontak
Ø Konsisten jualan tapi dengan copywriting yang menarik
Ø Konsisten rekrut list jadi reseller
Ø Konsisten bina reseller yang ada di grup whatsapp 





BAB III PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Media sosial merupakan suatu hal yang tak bisa di lepas dari kita saat ini, bahkan dalam perjalanannya, media sosial sekarang telah mengubah cara hidup kita dalam beberapa tingkatan,sehingga bisa di katakan media sosial menjadi sebuah media yang penting dalam masyarakat (technological determinism). Dan media sosial itu tak hanya menjadi sebuah media yang penting namun juga telah berubah menjadi sebuah identitas diri seseorang, kita bisa melihat bagaimana sebuah media sosial berubah fungsi menjadi “mulut kedua” seseorang, media sosial akan sangat bermanfaat asal kita kelola dengan tujuan tertentu, misal online shop via WhatsApp, dimana kita bisa memasarkan barang jualan kita lebih mudah dan kita bisa mencakup lebih luas untuk pemasaran, asal kita tau trick trick wirausaha via WhatsApp.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-Commerce

Pengertian E - COMMERCE    E commerce  atau  electronic commerce  hadir seiring dengan perkembangan internet yang sangat pesat.  E commerce  menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kegiatan belanja baik pria maupun wanita. E commerce hadir dalam menjawab tuntutan gaya hidup modern manusia yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam segala bidang. Tidak hanya pembeli yang dimudahkan dan dimanjakan dalam proses jual beli, penjual-pun juga dimudahkan untuk menjual produk / dagangan mereka dengan mudah dan cepat dibandingkan menjual melalui toko  offline . Mulai muncul  marketplace startup  yang menjadi rumah bagi penjual online /  online shop  ini. Pengertian E commerce menurut para ahli Menurut  Jualian Ding , e commerce adalah sesuatu yang tidak dapat didefinisikan. Setiap orang memiliki definisi masing-masing mengenai  apa arti e commerce itu . (buku  E COMMERCE : Law & Practice ). Menurut  Jony Wong  (2010:33), definisi e commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasa

pengertian sistem informasi

Pengertian sistem informasi computer Computer Based Information System (CBIS)   atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah   “computer-based”   atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi